Analisa yang terjadi apabila pin kolom c0 c1 c3 diubah urutannya. yang terjadi adalah ketidaksesuaian angka yang ditekan dengan angka yang muncul pada layar LCD
3. Rangkaian Simulasi [kembali]
4. Prinsip kerja rangkaian [kembali]
Metode scanning keypad adalah mendeteksi hubungan pin baris dan kolom karena tombol ditekan, secara berurutan, bergantian dan satu-persatu. Lebih jelasnya sebagai berikut :
§ Pin-pin kolom menjadi output dan pin-pin baris menjadi input.
§ Pin kolom dan pin baris kondisi awalnya (default) berlogika 1 semua.
§ Output pin kolom 1 berlogika 0 lalu deteksi :
· Jika input baris 1 berubah logika menjadi 0 maka karakter ‘1’
· Jika input baris 2 berubah logika menjadi 0 maka karakter ‘4’
· Jika input baris 3 berubah logika menjadi 0 maka karakter ‘7’
· Jika input baris 4 berubah logika menjadi 0 maka karakter ‘*’
§ Pin kolom dan pin baris kembali berlogika 1 semua.
§ Output pin kolom 2 berlogika 0 lalu deteksi :
· Jika input baris 1 berubah logika menjadi 0 maka karakter ‘2’
· Jika input baris 2 berubah logika menjadi 0 maka karakter ‘5’
· Jika input baris 3 berubah logika menjadi 0 maka karakter ‘8’
· Jika input baris 4 berubah logika menjadi 0 maka karakter ‘0’
§ Pin kolom dan pin baris kembali berlogika 1 semua.
§ Output pin kolom 3 berlogika 0 lalu deteksi :
· Jika input baris 1 berubah logika menjadi 0 maka karakter ‘3’
· Jika input baris 2 berubah logika menjadi 0 maka karakter ‘6’
· Jika input baris 3 berubah logika menjadi 0 maka karakter ‘9’
· Jika input baris 4 berubah logika menjadi 0 maka karakter ‘#’
§ Pin kolom dan pin baris kembali berlogika 1 semua.
§ Output pin kolom 4 berlogika 0 lalu deteksi :
· Jika input baris 1 berubah logika menjadi 0 maka karakter ‘A’
· Jika input baris 2 berubah logika menjadi 0 maka karakter ‘B’
· Jika input baris 3 berubah logika menjadi 0 maka karakter ‘C’
· Jika input baris 4 berubah logika menjadi 0 maka karakter ‘D’
5. Video [kembali]
6. Flowchart [kembali]
7. Listing [kembali]
#include <LiquidCrystal.h> //Deklarasi library LCD
#include <Keypad.h> //Deklarasi library keypad
const byte ROWS = 4; //Deklarasi jumlah baris
const byte COLS = 3; //Deklarasi jumlah kolom
char keys[ROWS][COLS] = {
{'1', '2', '3'},
{'4', '5', '6'}, //Inisialisasi keypad matriks 4x3
{'7', '8', '9'},
{'*', '0', '#'}
};
byte rowPins[ROWS] = {10, 9, 8, 7}; //Deklarasi pin yang digunakan untuk baris
byte colPins[COLS] = {13, 12, 11}; //Deklarasi pin yang digunakan untuk kolom
// Inisialisasi library dengan pin yang digunakan
LiquidCrystal lcd(A0, A1, A2, A3, A4, A5);
Keypad keypad = Keypad( makeKeymap(keys), rowPins, colPins, ROWS, COLS );
void setup() { //Semua kode dalam fungsi ini akan dieksekusi sekali
// Set baris dan kolom LCD
lcd.begin(20, 4);
lcd.setCursor(1, 2);
lcd.setCursor(4, 3);
lcd.setCursor(0, 0);
}
void loop() { //Semua kode dalam fungsi ini akan dieksekusi berulang
char key = keypad.getKey(); //Membaca keypad
if (key) { //Kondisi pilihan jika keypad ditekan
lcd.print(key); //Menampilkan input dari keypad pada LCD
}
}
KLIK INI UNTUK VIDEO
KLIK INI UNTUK HTML
#include <LiquidCrystal.h> //Deklarasi library LCD
#include <Keypad.h> //Deklarasi library keypad
const byte ROWS = 4; //Deklarasi jumlah baris
const byte COLS = 3; //Deklarasi jumlah kolom
char keys[ROWS][COLS] = {
{'1', '2', '3'},
{'4', '5', '6'}, //Inisialisasi keypad matriks 4x3
{'7', '8', '9'},
{'*', '0', '#'}
};
byte rowPins[ROWS] = {10, 9, 8, 7}; //Deklarasi pin yang digunakan untuk baris
byte colPins[COLS] = {13, 12, 11}; //Deklarasi pin yang digunakan untuk kolom
// Inisialisasi library dengan pin yang digunakan
LiquidCrystal lcd(A0, A1, A2, A3, A4, A5);
Keypad keypad = Keypad( makeKeymap(keys), rowPins, colPins, ROWS, COLS );
void setup() { //Semua kode dalam fungsi ini akan dieksekusi sekali
// Set baris dan kolom LCD
lcd.begin(20, 4);
lcd.setCursor(1, 2);
lcd.setCursor(4, 3);
lcd.setCursor(0, 0);
}
void loop() { //Semua kode dalam fungsi ini akan dieksekusi berulang
char key = keypad.getKey(); //Membaca keypad
if (key) { //Kondisi pilihan jika keypad ditekan
lcd.print(key); //Menampilkan input dari keypad pada LCD
}
}
KLIK INI UNTUK VIDEO
KLIK INI UNTUK HTML
Tidak ada komentar:
Posting Komentar